Kamis, 26 Maret 2015

MultiMedia dalam Pendidikan

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.


  Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
 
 Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

MANFAAT PEMBELAJARAN MULTIMEDIA
Secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran yang sangat menariklebih interaktif,jumlah waktu mengejar dapat dikurangi,kualitas kerja siswa dapat ditingkatkan dan sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
Manfaat diatas akan diperoleh mengiingat dari sebuah multimedia pembelajarn yaitu:
  1. Memperbesar benda yang kecil dan tidak tampak oleh mata seperti kuman,bakteri DLL.
  2. Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan oleh sekolah seperti gajah,harimau.
  3. Meyajikan benda atau peristiwa yang kompleks,rumit dan berlangsung cepat atau lambat sepeti sistem tubuh.
  4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh seperti bulan,bintang,salju.
  5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berba
  6. Meningkatkan gaya tarik kepada siswa.

0 komentar:

Posting Komentar

    Definition List